Rektor IAIN Palopo Buka FGD Forum WR/WK Bidang Akademik PTKIN

INDEKSMEDIA.ID – Rektor IAIN membuka secara resmi kegiatan Forum Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Akademik PTKIN se-Indonesia Tahun 2023, di Lotus B Hotel Four Poits by Sheraton Makassar, Rabu, (20/09/23).

FGD ini terjadwal di Makssar-Toraja, 20 s.d 23 September 2023. Dimana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo sebagai tuan rumah.

Wakil Rektor I IAIN Palopo Dr Munir Yusuf dalam laporannya mencatat ada 37 PTKIN se-Indonesia yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.

Rektor IAIN Palopo, Abbas Langaji mengatakan bahwa kegiatan FGD Forum WR/WK Bidang Akademik PTKIN se-Indonesia digelar di IAIN Palopo.

“Akan tetapi, kita melihat keadaan, jadwal penerbangan di Bandara I Lagaligo yang dekat dengan Palopo hanya terjadwal sekali dalam sehari dan melihat jarak tempuh darat yang lumayan lama. Maka diputuskan FGD ini dilakukan di Makassar agar banyak diakses oleh teman-teman forum,” katanya.

Dia mengungkapkan, jika kegiatan ini banyak hal yang perlu dibahas, di antaranya adalah PAK Jabatan Fungsional Dosen yang memang harus dibahas secara serius.

“Selain itu juga terkait akreditasi, status akreditasi perguruan tinggi kini terdiri dari terakreditasi dan tidak terakreditasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata dia, status akreditasi program studi (Prodi) terdiri dari Terakreditasi oleh Lembaga Internasional, Terakreditasi Unggul, Terakreditasi, dan Tidak Terakreditasi, dimana aturan baru ini menjadi berat sebagian perguruan tinggi, hal ini perlu dibahas karena menjadi suatu yang serius di PT dan harus diantisipasi.

“Masih banyak lagi yang menjadi isu seputar akademik. Saya mengusulkan pertemuan seperti ini baiknya tidak digelar sekali dalam setahun,” ujarnya.

Direktur Diktis Kemenag RI, Prof Dr Ahmad Zainul Hamdi menurutkan , terkait Guru Besar (GB), bahwa tidak ada intervensi apa pun orang per orang di pusat terkait kenaikan pangkat GB di lingkup PTKIN.

“Jika ada yang sudah terbit SK guru besarnya, maka itu sudah hasil kerjanya. Jika ada yang belum, berarti angka kreditnya bermasalah atau ideologinya bermasalah, Kemenag punya tim ahli untuk menelusuri jejak digital setiap orang di Kemenag dan itu menjadi dasar dalam mengambil kebijakan seperti kenaikan pangkat GB,” terangnya.

Melalui forum ini, Prof Ahmad Zainul Hamdi meminta ada tiga nama PTKIN diserahkan kepadanya untuk dipilih sebagai tuan rumah AICIS tahun depan.

Sementara itu, Ketua Forum Warek/Waket Bidang Akademik Prof Dr Ahmad Fauzi, menyampaikan terima kasih kepada WR I IAIN Palopo yang telah bersedia menjadi Host untuk FGD kali ini.

Prof Fauzi menyebutkan dua hal bahasan penting pada FGD, yang pertama adalah mekanisme PAK Jabatan Fungsional Dosen Pasca Terbitnya Permenpan RB No.1 Tahun 2023 yang dibahas oleh Prof Dr Sutikno ST MT dan Mekanisme dan Implementasi Rekognisi Pembelajaran Lapau (RPL) di PT oleh Dr Sri Nuning Kusumawardani ST MT (Direktur Belmawa Kemendikbudristek). (Ainun)