Salurkan Bantuan Handtraktor, Bupati Luwu Seru Petani Rajin Berinfaq agar Meraih Keberkahan

BELOPA, INDEKSMEDIA.ID — Pemerintah Kabupaten Luwu secara bertahap tengah menyalurkan bantuan handtraktor di beberapa kecamatan.

Bantuan tersebut sudah disalurkan ke wilayah antara lain Kecamatan Larompong, Larompong Selatan, Suli, Suli Barat, Belopa, Belopa Utara, Kamanre, Bajo, Bajo Barat, Bastem dan Bastem Utara.

Pada Rabu (20/9), bupati Luwu Basmin Mattayang kembali melakukan penyerahan bantuan handtraktor di tiga lokasi berbeda yaitu di Kecamatan Ponrang Selatan, Ponrang, dan Kecamatan Bua.

Di Kantor Kecamatan Ponrang Selatan, secara simbolis Basmin menyerahkan bantuan sebanyak 37 unit handtraktor

“Di Kecamatan ini secara signifikan terjadi peningkatan jumlah lahan persawahan akibat dari alih fungsi lahan perkebunan dicetak menjadi persawahan,” ucap Basmin.

Sebagaimana dilaporkan camat Ponrang Selatan, Abdi Hamid, pada 2019 luas lahan persawahan sekitar 1900 hektar, sedangkan pada 2023 luas lahan persawahan meningkat menjadi 4826 hektar.

Sementara itu, di Kecamatan Ponrang, bupati menyerahkan bantuan handtraktor sebanyak 13 unit. Di lokasi ini pula kelompok tani dari Kecamatan Bupon memperoleh bantuan 3 unit.

Kemudian bupati melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Bua dan menyerahkan bantuan handtraktor kepada kelompok tani sebanyak 16 unit.

Di masing-masing tempat penyerahan bantuan, bupati senantiasa mengajak para petani untuk rajin berinfaq dan sedekah.

“Sebagai wujud syukur kita kepada Allah SWT, pergunakan bantuan ini sebaik-baiknya untuk memperoleh hasil produksi yang meningkat, dan jangan lupa setelah berhasil keluarkan sedikit pendapatan kita dengan cara berinfaq dan bersedekah ke masjid agar penghasilan kita penuh berkah,” ujar Politisi Nasdem itu.

Basmin juga berharap handtraktor dapat memberikan manfaat bukan hanya kepada anggota kelompok penerima bantuan, tetapi bermanfaat juga untuk seluruh masyarakat.

“Mari kita jadikan bantuan handtraktor ini sebagai ladang pahala, Jika sudah dimanfaatkan oleh semua anggota kelompok, saling bantulah dengan petani lain dalam kampungta yang membutuhkan handtraktor untuk mengolah lahannya, tinggal diatur bagaimana operasionalnya,” tambah Basmin.

Agar bisa dimanfaatkan dalam waktu lama, bupati kembali ingatkan kepada penerima bantuan agar handtraktor yang diberikan dapat digunakan sebaik baiknya, dijaga dan dioperasionalkan oleh operator yang paham akan mesin pertanian tersebut.

Sehingga, bisa tahan lama dan bermanfaat bagi masyarakat dalam mengembangkan dan mengelola lahan pertanian. (*)