Gerakan Tanam Cabai kepada ASN Diharapkan dapat Kendalikan Ketahanan Panganan di Palopo

INDEKSMEDIA.ID – Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani meninjau langsung pencanangan cabai dalam rangka Gerakan Tanaman Cabai 10 Pohon 1 ASN, di lapangan Tenis Indoor Saokotae, Senin, (9/10/2023).

Asrul Sani mengungkapkan jika pihaknya mengadakan Gerakan menanam cabai untuk ASN untuk mendukung program prioritas Pj Gubernur, dimana diketahui Cabai salah satu komoditas penyumbang inflasi.

“Gerakan menanam cabai untuk ASN mengkoordinir semua kepala OPD se-Kota Palopo di halaman kantor masing-masing, serta kepada jajarannya untuk juga menanam cabai di rumah. Begitupun camat serta lurah juga menghimbau masyarakat untuk menanam cabai,” ujarnya.

Menurutnya, bukan cuma pohon cabai saja, namun tomat serta bawang sebagai bagian dari ketahanan pangan.

“Kita dikaruniai alam serta tanah subur di Kota Palopo, kota yang unik karena dekat dengan laut dan pegunungan. Bagaimana kita memanfaatkan alam ini dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan, Ibnu Hasyim mengatakan jika program tersebut dalam mendukung program prioritas Pj Gubernur Sulawesi Selatan dalam Pengendalian inflasi dan ketahanan pangan dengan gerakan menanam cabai dilingkungan masing-masing 10 pohon untuk 1 ASN (Aparatur Sipil Negara).

“Tujuan pelaksanaannya adalah untuk meningkatkan stabilitas harga pangan khususnya tanaman cabai di Kota Palopo sehingga dapat terkendali,” ungkapnya.

Menurutnya, selain untuk menurunkan laju inflasi komoditi pertanian serta meningkatkan produksi komunitas pertanian untuk konsumsi rumah tangga yang ada di Kota Palopo.

“Terdapat 75.000 bibit cabai yang disediakan oleh Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo akan didistribusikan kepada setiap ASN di Kota Palopo,” sambungnya.

Adapun penyaluran 75.000 bibit cabai diserahkan kepada perwakilan ASN dan penyuluh pertanian secara simbolis oleh Pj. Wali Kota Palopo didampingi unsur Forkopimda dan Sekretaris Daerah Kota Palopo kepada perwakilan ASN. (**)