INDEKS MEDIA

Berita Hari Ini Di Indonesia & Internasional

Lurah Luminda Berikan Edukasi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pencegahan Aksi Perundungan

Lurah Luminda saat memberikan edukasi terkait pencegahan aksi Perundungan di SMAN 1 Palopo. (Dok: Istimewa)

INDEKSMEDIA.ID – Lurah Luminda, Franky Lazarus memberikan edukasi, pembinaan dan arahan terhadap siswa-siswi UPT SMAN 1 Palopo, Senin, (9/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Franky mengingatkan kepada siswa dampak dan bahaya perilaku bullying (Perundungan) baik sesama siswa maupun antar guru dan siswanya.

“Tindakan Perundungan atau bullying saat ini bisa terjadi kepada siapa saja. Dan untuk mencegah sebelum terjadi, perlu dilakukan pembinaan baik sesama siswa maupun antar guru dan siswanya,” pintanya.

“Berbagai jenis bullying yang kerap terjadi meliputi fisik (memukul, menampar, mendorong, menggigit, menendang, mencubit dan non fisik (mengancam, mempermalukan, mengganggu,” sambungnya.

Melalui upacara rutin ini merupakan salah satu bentuk untuk memberikan arahan kepada siswa dalam pencegahan tindakan bullying atau perundungan.

“Dengan ini diharapkan sebagai bentuk pencegahan awal pembullyan baik antar siswa smansa (internal) maupun antar siswa sekolah lain (eksternal),” ujarnya.

Menurutnya, adapun upaya pencegahan bullying yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan budaya relasi/pertemanan yang positif.

“Kemudian saling mendukung satu sama lain, merangkul teman yang menjadi korban, memahami dan menerima perbedaan tiap individu di lingkungan sekolah dan ikut serta membuat dan menegakkan aturan sekolah terkait pencegahan bullying,” jelasnya. (Ainun)