Ratusan Massa Bentrok dengan Polisi di Depan Kantor KPU Luwu Utara

INDEKSMEDIA.ID–Aksi demontrasi penolakan hasil rapat pleno di depan Kantor KPU Luwu Utara berakhir ricuh. Ratusan massa aksi terlibat bentrok dengan aparat kepolisian, pada Senin (16/10/23), sore.

Bentrokan terjadi lantaran massa aksi yang hadir tidak diizinkan masuk ke kantor ke KPU oleh petugas, hingga membuat bentrokan tak dapat dihindarkan.

Ternyata, aksi tersebut merupakan simulasi yang dilakukan oleh Polres Luwu Utara dalam kegiatan Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) untuk persiapan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Luwu Utara .

Kapolres Luwu Utara AKBP Galih Indragiri mengatakan, latihan sispamkota yang dilaksanakan bertujuan untuk memaksimalkan persiapan personel dalam pengamanan pemilu serentak 2024.

Menurutnya, kegiatan ini penting dilakukan guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kesiapan dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi pada saat pelaksanaan Pemilu.

“Simulasi ini penting agar petugas dapat memahami tugas dan fungsi saat berada di Lapangan, setidaknya dapat memberi gambaran situasi dan kondisi jika nantinya terjadi hal-hal yang kita tidak kita inginkan,” pungkasnya.