INDEKS MEDIA

Berita Hari Ini Di Indonesia & Internasional

Bupati Buka Expo HUT Kutim ke-24, Wabup : Kutai Timur Terus Berkembang

Pembukaan Expo dalam rangka HUT Kutim ke-24. (eka)

INDEKSMEDIA.ID – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah membuka secara resmi Kutai Expo, Senin (23/10/2023).

Expo tersebut merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT Kutim ke-24. Ada sebanyak 111 stand turut meramaikan kegiatan itu.

Ardiansyah mengatakan tema kegiatan itu bersatu untuk maju dan sejahtera untuk semua.

Kemudian terkait dengan tematik pada expo tahun ini, yaitu pekan raya Kutai Timur expo 2023, perkuat ekonomi kerakyatan bersatu, membangun kutai timur sejahtera untuk semua.

“Dalam usia yang masih muda. Pemuda ini kita berharap bahwa Kutai Timur akan terus maju kota timur akan terus berkembang,” katanya.

Dia juga menjelaskan Kutai timur akan terus memberikan yang terbaik kepada masyarakatnya. Kutai timur akan terus dibangun berdasarkan rencana pembangunan yang sudah disiapkan RPJPD pertama 2000-2025 yang tidak lama lagi akan berakhir.

“Dengan grand desainnya adalah Agribisnis dan agroindustri. Alhamdulillah, Capaian terkait dengan RPJJ pertama ini dibuktikan dengan akan beroperasinya kawasan ekonomi maloy sebagai salah satu wilayah yang dikembangkan,” katanya.

Dalam menopang industri Kutai timur yang bersumber pada pertanian dalam arti luas. Kita merasa yakin bahwa capaian terkait dengan industri yang bersumber pada pertanian dalam arti luas.

“Akan kita lalui dengan baik. Saat ini di kawasan ekonomi maloy sudah berada sebuah perusahaan yaitu palmas rasi Indonesia yang akan siap membangun industri hilir atau industri turunan
dari kelapa sawit,” katanya

Berikutnya sudah menunggu 2 perusahaan yang akan juga membangun industri turunan dari kelapa sawit. Yaitu biodesel dan
margarin.

Berikutnya sudah ada juga beberapa Investor yang ingin masuk ke
dalamnya. Terutama investor yang berasal dari luar negeri.

“Hal yang menarik terkait dengan kawasan ekonomi maju ini beberapa hari yang lalu telah terjalin komunikasi baik Antara Provinsi Kalimantan Timur, Kutai Timur,” jelasnya.

“Mengikutsertakan kajian teknik dari
Universitas Mulawarman dengan adanya pertemuan segitiga ini, kami
merasa yakin bahwa kawasan inilah yang nantinya akan menjadi satu
episode pertama pembangunan,” sambungnya.

Jangka panjang 25 tahun Kabupaten Kutai timur. Di sisi lain, ternyata investasi Kutin juga cukup tinggi. Tahun ini Kutin menargetkan Rp 13 triliun. Baik PMA maupun PMDN.

Pada triwulan pertama sudah tercapai
Rp 5,9 triliun. Ini satu informasi satu percepatan yang luar biasa dan saya merasa yakin. Capaian ini masih belum termasuk kobexindo semen yang berimbas nilai investasinya Rp 15 triliun.

“Dengan kemampuan Kutai Timur memberikan peluang kepada para dunia usaha kita harapkan ada multiplier effect yang berkembang di dalamnya. Kepada semua organisasi perangkat daerah yang link perusahaan ada di OPD masing masing untuk dapat memberikan masukan kepada perusahaan tersebut bahwa percepatan ekonomi Kutai Timur akan lebih cepat lagi manakala di wilayah setempat,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Kutim, Kasmidi berharap dengan bertambah usianya, Kutim terus berkembang dan terus dibangun berdasarkan rencana pembangunan.

“Tidak lama lagi masa jabatan kami berakhir. Semoga semua perencanaan pembangunan yang sudah disiapkan dapat berjalan sesuai rencana,” kata Kasmidi. (adv)