FKIK UIN Alauddin Makassar Resmikan Pembentukan SMART

INDEKSMEDIA.ID – Dekan Fakuktas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin Makassar Dr.dr. Dewi Setiawati, S.Ked, M.Kes, Sp.OG diwakili Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Patima, S.Kep,Ns,M.Kep meresmikan pembentukan Studi Membaca Al-quran Intensif (SMART).

Kegiatan itu merupakan program kerja kolaborasi antara Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Al-Afiah FKIK UIN Alauddin Makassar dan Forum Kajian Integrasi Keislaman dan Kesehatan FKIK UIN Alauddin Makassar.

Wakil Dekan III dalam sambutannya menyampaikan Program SMART ini merupakan upaya yang dibangun untuk pencapaian salah satu Standar Mutu UIN Alauddin yaitu bahwa semua mahasiswa UIN Alauddin wajib dapat membaca dan menulis Alquran serta Hafal Juz ke 30 yang selanjutnya diimplementasikan disemua fakultas termasuk FKIK UIN Alauddin Makassar.

Ia berharap bahwa kewajiban membaca, menulis dan hafalan Al-quran hendaknya tidak dijadikan beban bagi mahasiswa, namun harusnya dijadikan momentum yg baik dalam meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Rudi Sumarlin sebagai Ketua LDF Al-Afiah FKIK UIN Alauddin dalam laporannya menyampaikan bahwa program SMART dijadwalkan sekali dalam sepekan untuk seluruh mahasiswa FKIK, dan sebelumnya akan dilakukan skrining kepada semua mahasiswa terutama mahasiswa baru angkatan 2023/2024 untuk mengidentifikasi kemampuan baca tulis Alquran setiap mahasiswa.

“Mahasiswa yang sama sekali belum dapat membaca dan menulis Al-quran akan dibimbing agar dapat membaca dan menulis Al-quran dengan baik sebelum dilanjutkan kehafalan Al-quran. Sedangkan bagi mahasiswa yang telah bagus bacaannya akan dibimbing agar dapat menghafal dengan metode tertentu”.

Terpisah Dekan FKIK Dr.dr. Dewi Setiawati, M.Kes menyampaikan bahwa kegiatan ini sifatnya wajib bagi seluruh mahasiswa FKIK, dan juga menyampaikan apresiasi yang tinggi bagi LDF Al-Afiah dan Forum Kajian Integrasi Keislaman dan Kesehatan FKIK UIN Alauddin dalam upayanya mencetak generasi Islami yang tangguh. (11/11/2023). (*)