Karnaval dan Jalan Santai HKN ke-59, PJ Walikota Palopo Minta Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

INDEKSMEDIA.ID, PALOPO – Penjabat Wali Kota Palopo Asrul Sani menghadiri acara Karnaval dan Jalan Santai Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59, yang digelar di Lapangan Pancasila, Ahad (12/11/2023).

Pada kesempatan tersebut Asrul Sani menyampaikan terimakasih kepada dinas terkait atas sejumlah penghargaan yang telah dicapai.

“Tentunya atas nama pemerintah Kota Palopo mengucapkan terimakasih kepada Kepala dinas kesehatan yang telah berpartisipasi dalam meningkatkan derajat kesehatan di Kota Palopo ini,” ucapnya.

Menurutnya, Kota Palopo merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak Rumah sakitnya setelah Makassar.

“Saya berharap kepada teman-teman rumah sakit baik itu negeri maupun swasta untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanannya,” pintanya.

“Saya juga berharap kepada puskesmas yang belum terakreditasi segera berbenah supaya berbenah mendapatkan Akreditasi Paripurna,” sambungnya.

Asrul Sani juga menghimbau agar meningkatkan sinergitas dalam penanganan stunting di Kota Palopo.

“Penanganan stunting ini merupakan program nasional dan untuk saya berharap untuk bersinergi dalam menangani stunting,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Irsan Anugrah mengatakan, pelaksanaan kegiatan Hari Kesehatan Nasional adalah momentum insan kesehatan terkait kontribusi pembangunan kesehatan dan pelayanan kesehatan di Kota Palopo.

“Ini salah satu bentuk Rasa syukur kami dan agenda tahunan yang ini merupakan media relaksasi, mempererat Silahturahmi semua insan kesehatan di Kota Palopo,” katanya.

“Kurang lebih tiga hari terakhir ini ikut berpartisipasi bersilaturahmi kembali untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Kota Palopo,” tambah Irsan.

Dirinya juga menyebut jika pencapaian beberapa tahun terakhir dalam hal kesehatan yang pertama tentu Kota Palopo ini sudah mendapatkan penghargaan dan akan diterima Hari senin terkait dengan program atau kebijakan Universal Health Coverage (UHC).

“Jadi, warga Kota Palopo kurang lebih 98% sudah tercover ke dalam jaminan kesehatan nasional. Ini tentu prestasi yang kita banggakan, karena tidak semua Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan itu sudah mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC),” sebutnya.

“Kedua, dalam pelaksanaan Akreditasi ada 12 Puskesmas di Kota Palopo dan Alhamdulillah hari ini 10 yang sudah dilakukan Akreditasi dan 6 di antaranya mendapatkan predikat Paripurna atau bintang lima dan patut kita berikan Apresiasi,” jelasnya menambahkan.

Lebih lanjut, sementara Rumah sakit sudah ada beberapa yang terakreditasi, disebutkannya tiga di antaranya bintang 5 juga yaitu rumah sakit At-medika, Rs. Bintang Laut,dan Rs. St-Madyang.

“Tentu dengan predikat seperti ini otomatis mutu pelayanan kesehatan di Kota Palopo, tidak usah kita ragukan lagi dan hampir semua pelayanan kesehatan sudah terakreditasi dan Alhamdulillah sebagian besar paripurna,” pungkasnya.