Antisipasi Banjir, Pemkot Palopo Lakukan Gerakan Bersih Kota

PALOPO, INDEKSMEDIA.ID – Pejabat Wali Kota Palopo, Asrul Sani, pimpinan Apel Siaga Resik (Gerakan Bersih-Bersih Kota) lingkup Kota Palopo di lapangan pancasila Kota Palopo, Jumat, 1 Desember 2023.

Kegiatan Apel Siaga Resik kemudian dilanjutkan dengan Kerja Bakti Massal diberbagai titik yang dianggap rawan terdampak banjir.

Asrul Sani mengatakan bahwa tujuan gerakan bersih-bersih Kota dalam rangka mengantisipasi datangnya musim Hujan.

“Kita ketahui bersama bahwa daerah kita setiap tahunnya langganan banjir,” katanya.

Dia menyebut jika penanganan banjir di Kota Palopo merupakan salah satu program prioritas yang akan kita laksanakan di tahun 2024.

“Penanganan banjir merupakan program prioritas dan ditahun 2024 akan dialokasikan dana sebesar 30 Milyar untuk penanganan banjir di Kota Palopo,” sebutnya.

Ini salah satu upaya mengantisipasi musim hujan adalah dengan membersihkan titik-titik yang rawan banjir.

“Seperti yang ada sekitar PNP dan Jl. Belimbing jika hujan turun, sudah tergenang air. Itu disebabkan sistem drainasenya kurang bagus, sehingga bisa menyebabkan banjir,” ungkapnya.

Untuk itu melalui kegiatan ini Pemkot Palopo melaksanakan kerja bakti bersama untuk membersihkan sumbatan-sumbatan aliran air dan drainase.

“Kita sudah bagi tugas ke masing-masing OPD tempat mereka bertugas,” ucapnya.

“Gerakan ini dapat terus berjalan secara rutin, bukan hanya dilaksanakan hari ini saja,” sambungnya

Kegiatan itu juga dilakukan penyerahan perlengkapan kerja dilakukan secara simbolis oleh Pj. Wali Kota Palopo.

Turut hadir Forkopimda Kota Palopo, Sekretaris Daerah Kota Palopo, Para Pimpinan OPD Kota Palopo, Camat dan Lurah se-Kota Palopo, serta peserta apel. (*)