Masmindo, Unanda dan Pemkab Luwu Gelar Workshop Pemetaan Partisipasif Daerah Rawan Bencana

BELOPA, INDEKSMEDIA.ID — PT Masmindo Dwi Area bekerjasama Fakultas Kehutanan Universitas Andi Djemma (Unanda) Kota Palopo, menggelar kegiatan Workshop Pemetaan Partisipasif Daerah Rawan Bencana di Belopa,  Selasa (19/12/2023).

Workshop Pemetaan Partisipasif Daerah Rawan Bencana ini juga menghadirkan pihak Pemerintah Luwu, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Luwu, BPBD Luwu, Camat Latimojong, Camat Bajo Barat, Desa Tobarru dan Bonelemo.

Ketua Tim Riset Fakultas Kehutanan Unanda, Witno mengatakan workshop ini dilakukan dalam upaya membangun pemahaman pihak terkait dalam rencana pemetaan partisipatif daerah rawan bencana.

“Pemetaan partisipatif daerah rawan bencana ini diawali di 3 desa yaitu Desa Tobarru, Kadundung dan Bonelemo, “ kata Witno.

Dijelaskan, dalam workshop tersebut akan dirumuskan  work plan pemetaan dan sejumlah  informasi awal yang dipresentasikan para pihak termasuk para kepala desa yang hadir.

Kepala Dinas Perkim Luwu, Sofyan Thamrin mengatakan kegiatan tersebut nantinya akan dikembangkan lagi ke beberapa desa lainnya yang berada di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Suso.

“Sangat mengharapkan kegiatan ini bukan hanya di 3 desa tapi bisa ke beberapa desa lainnya sepanjang DAS Suso yang melintasi beberapa kecamatan yang dianggap rawan bencana, “ ujarnya.

Dengan kegiatan ini pula, kata dia, akan diperoleh data yang utuh dan terintegrasi terkait daerah rawan bencana dan langkah penanganannya.